LAPORAN PENGEMBANGAN USAHA KIOS KELAPA PASUHE
LAPORAN PENGEMBANGAN USAHA KIOS KELAPA PASUHE
KIOS KELAPA PASUHE
"Menjual Kelapa Muda asli yang bersumber dari daerah pakidulan (Pameungpeuk) serta senantiasa selalu menjaga kemurnian dan kesegaran kelapa agar dapat memberikan experience yang memuaskan bagi konsumen.
Disisi lain kami juga menerapkan sistem Multi Service dimana dengan sistem ini kami dapat menjangkau konsumen secara offline dan online guna memberikan pelayanan yang efektif serta efisien juga memberikan pelayanan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen secara maksimal dan memuaskan. Oleh karena itu Kios Kelapa Pasuhe hadir dengan Multi Service Offline dan Online."
Data Penjualan Kios Kelapa Pasuhe Periode Jul 21 - Jul 22
Berikut adalah data penjualan yang telah kelompok kami rekap dari hasil kegiatan interview bersama owner dari Kios Kelapa Pasuhe periode Bulan Juli 2021 s/d Juli 2022. Data tersebut diperoleh dari hasil kegiatan interview yang dilakukan kelompok pada saat penelitian. Pada data disamping didapat rata-rata perolehan pendapatan dari Kios Kelapa Pasuhe adalah sebesan Rp. 1.042.506.
Problematika Usaha Kios Kelapa Pasuhe
Dalam mengumpulkan informasi terkait kendala yang dialami oleh owner dari kios kelapa pasuhe kelompok kami mencari informasi tersebut dengan menggunakan metode interview dimana kami mengajukan beberapa pertanyaan kepada pemilik usaha seputar permasalahan dan kendala yang tengah dihadapi owner dari Kios Kelapa Pasuhe. Berikut kesimpulan dari interview yang telah kelompok kami lakukan ada beberapa point yang menjadi faktor penyebab terciptanya masalah yaitu:
Kios tidak dapat berjalan apabila owner tidak ada ditempat,
penjualan belum stabil sehingga ada beberapa kasus Kios tidak beroperasi ( dapat dilihat di tabel diatas ),
Promosi yang kurang sehingga penjualan stagnan dan bahkan mengalami penurunan.
Dan itu adalah beberapa point yang menjadi faktor utama penyebab permasalahan yang terjadi pada usaha Kios Kelapa Pasuhe.
Solusi dan Inovasi
Dalam penilitian kali ini kelompok kami telah meneliti dan berdiskusi membahas mengenai bagaimana agar owner dari Kios Kelapa Pasuhe dapat mengatasi kendala dan permasalahan yang terjadi. Bahan dari diskusi yang kami lakukan berlandaskan pada point-point yang telah kami rangkum pada bagian " Problematika Usaha Kios Kelapa Pasuhe " diatas. Dan berikut beberapa pemaparan terkait hasil diskusi kelompok kami mengenai permasalahan diatas.
OPEN HIRING
Dalam mengatasi point pertama pada problematika adalah owner direkomendasikan untuk mulai mencari pekerja yang mampu mengatasi operasional usaha dengan baik. Dengan begitu owner dapat memikirkan hal lain yang dapat mendukung berkembangnya Kios Kelapa Pasuhe, dan dalam hal merekrut pekerja ini kelompok kami memiliki solusi agar owner dapat memantau kinerja perkerja dengan efisien dengan memanfaatkan teknologi yang ada, dan berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi yang kami tawarkan kepada owner yaitu sebagai berikut.
MARKETING
Pada konteks ini setelah kami melakukan beberapa diskusi terkait solusi terbaik serta memikirkan inovasi kepada dua hal tersebut, kami menemukan adanya korelasi pada dua point tersebut dimana point kedua akan teratasi ketika kita memperhatikan solusi point ke tiga yang tidak lain adalah memulai mengaplikasikan strategi marketing. Dalam sektor marketing kami melakukan beberapa research terkait tools yang dapat mendukung dan mempermudah owner kios kelapa pasuhe dalam melakukan promosi, dan setelah melakukan research kami membuat kesimpulan untuk rekomendasi tools ( aplikasi ) yang dapat dipakai diantaranya adalah sebagai berikut.
Kesimpulan
Pada penelitian ini kami kelompok yang beranggotakan 5 orang yaitu Ihsan Nursyahjiwa ( 24073122021 ), M. Firdaus Fatturrahman T ( 24073122008 ), M. Hilmy Rais ( 240731222007 ), Helmi Abdul Aziz ( 24073122022 ), dan Viqri Pratama ( 24074122006 ) telah melakukan penelitian terhadap sebuah usaha kios yang menjual kelapa muda yang bernama Kios Kelapa Pasuhe beralamat di dekat kantor KUA Tarogong Kidul. Dalam penelitian ini kami melakukan observasi, penelaahan masalah, dan pemberian solusi, pada studi kasus kios kelapa pasuhe ini adalah usaha yang masih belum memanfaatkan teknologi dalam pengembangan usahanya tersebut. Lalu, setelah kami mendalami lebih dalam apa saja yang menjadi faktor penghambat majunya usaha ini cukup terbilang tidak terlalu kompleks serta kita dapat melakukan inovasi dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi yang ada.
This Document was Create By :
Ihsan Nursyahjiwa